install zimbra di centos 7

Install dan Konfigurasi Zimbra Single Server di Centos 7

Budayakan Share :)

Install dan Konfigurasi Zimbra Single Server di Centos 7 – Assalamu’alaikum sahabat jumpa lagi di pitech, tidak terasa sudah memasuki tahun 2019, jaman terus berkembang pesat, banyaknya ilmu – ilmu baru yang didapat oleh penulis pada saat PKL disalah satu perusahaan teknologi edukasi di Bandung, kali ini penulis akan berbagi ilmu baru nih mengenai server, lebih jelasnya yaitu mail server Zimbra.

Apa itu Zimbra ?

Zimbra merupakan sebuah produk groupware produk Zimbra, Inc, yang terletak di San Mateo, California, Amerika Serikat. Perusahaan ini dibeli oleh Yahoo pada September 2007. Perangkat lunak ini terdiri dari komponen klien dan server. Zimbra tersedia dalam dua versi, yaitu Open Source, dan Komersil. Versi perangkat lunak ini tersedia dari Zimbra untuk diunduh dan digunakan dengan bebas, serta dari mitra resmi Zimbra.(Wikipedia, 2013)

Zimbra merupakan perangkat lunak mail server dan collaboration suite open source yang menjadi pesaing utama dari Microsoft Exchange Server dan G Suite miliknya google. Zimbra terdiri dari dua versi, yaitu versi open source dan versi komersilnya dengan memiliki fitur – fitur yang mendukung pekerjaan serta dukungan support dari pihak zimbranya langsung.

Bedanya zimbra dengan mail server lain ?

  1. Pertama pastinya open source,
  2. Bisa diakses lokal maupun publik darimana pun,
  3. Terdapat fitur antispam dan antivirus untuk menangkal dari serangan spam,
  4. Bisa blacklist dan whitelist email,
  5. Terdapat fitur calender, sharing folder file, tasks, chat, ssl sni, web administrator. dll,
  6. Kunjungi https://www.zimbra.com/email-server-software/product-edition-comparison/ dan https://www.zimbra.com/open-source-email-overview/.

Zimbra bisa menjadi pilihan tepat bagi rekan-rekan yang hendak melakukan penerapan dilingkungan lokal atau publik ataupun migrasi Mail Server menggunakan sistem operasi Gnu/Linux.

Spesifikasi Server Zimbra

Berikut spefisikasi dari pihak zimbra untuk menerapkan sebagaia mail server anda.

  1. Kebutuhan untuk testing atau percobaan.
    • Intel atau AMD 64 bit CPU 1.5 Ghz,
    • Minimal RAM 8 GB ( bisa di sesuaikan 2 GB atau 4 GB juga cukup ),
    • Sisakan 5 GB penyimpanan space hdd untuk software dan logs zimbra.
  2. Kebutuhan untuk penerapan atau implementasi.
    • Intel atau AMD 64 bit CPU 2.0 Ghz,
    • Minimal RAM 8GB,
    • Temp file space for installs and upgrades,
    • Sisakan 10 GB penyimpanan space hdd untuk software dan logs zimbra (SATA or SCSI for performance, and RAID/Mirroring for redundancy),
    • Menambah jumlah penyimpanan hdd untuk penyimpanan mail,
    • Menonaktifkan atau disable firewall sistem operasi.

Install Zimbra Collaboration Server

  1. Pertama – tama kita hapus depensi atau paket yang akan konflik jika tidak di copot yaitu postfix dan sendmail, lakukan dengan login ke server kemudian ketikkan peritah berikut ini,

    yum remove postfix sendmail -y

  2. Kemudian kita matikan layanan firewalld pada centos 7 untuk meminimalisir terjadinya paket atau layanan yang terhalangi oleh firewall, dengan melakukan perintah berikut,

    systemctl stop firewalld && systemctl disable firewalld

  3. Sebelum install Zimbra, dibutuhkan beberapa paket atau depensi yang akan digunakan untuk keperluan Zimbra tersebut, lakukan update repository serta install paket seperti berikut ini,

    yum update
    yum install -y perl perl-core ntpl nmap sudo libidn gmp libaio libstdc++ unzip sysstat sqlite screen nano wget git

  4. Lalu kita nonaktifkan SELinux yang terdapat pada centos 7 ini dengan mengubah pada selinux menjadi disabled yang terdapat pada file /etc/selinux/config,

    vi /etc/selinux/config
    SELINUX=disabled

  5. Kemudian menambahkan FQDN pada file hosts, Apa itu FQDN ?
    Fully Qualifed Domain Name (FQDN), dalam sistem penamaan Domain Name System (DNS) merujuk kepada nama bertitik yang dapat mengidentifikasikan sebuah host Transmission Control Protocol/Internet Protocol (TCP/IP) di dalam jaringan dan Internet.
    *Misalnya
    Nama Host : mail
    Nama Domain : mamet.local
    FQDN : ip address mail.mamet.local host

    vi /etc/hosts
    10.128.0.9 mail.mamet.local mail
    vi /etc/hostname
    mail

  6. Selanjutnya download paket zimbra versi 8.8.8 dan ekstrak dengan perintah berikut dibawah ini dan restart server zimbra untuk mengubah hostname yang telah di konfigurasi pada nomor 5.

    wget https://files.zimbra.com/downloads/8.8.8_GA/zcs-8.8.8_GA_2009.RHEL7_64.20180322150747.tgz
    tar -xf zcs-8.8.8_GA_2009.RHEL7_64.20180322150747.tgz
    shutdown -r 0

  7. Lalu login kembali kemudian masuklah ke direktori yang sudah di ekstrak dan ketikkan perintah ./install.sh berikut di bawah, serta pilih Y atau yes untuk menyetujui lisensi TOS dari zimbra.

    cd zcs-8.8.8_GA_2009.RHEL7_64.20180322150747.tgz
    ./install.sh

  8. Kemudian akan muncul pilihan repositori paket, pilih Yes dan pilih paket-paket zimbra yang akan di install, untuk tutorial ini penulis tidak menginstall zimbra-dnscache nya. Pastikan internet cepat.install-paket-zimbra
  9. Ketika proses install muncul DNS Error jangan panik, karena kita tidak konfigurasi dns maka sesuaikan saja isinya dengan nama domainnya, kalo penulis mengisinya berikut ini.
    dns-resolver-mx-record
  10. Lengkapi data yang belum terisi yaitu pada Common Configuration, zimbra-ldapzimbra-store yang meminta password dll seperti video rekaman berikut.proses-install-zimbra-single-server
  11. Setelah proses install beres, bisa akses mail server pada browser dan web administrator tambahkan port 7071 untuk konfigurasi zimbra menggunakan browser.
    dashboard-web-zimbra-clientlogin-ke-web-administrator-zimbra-dengan-port-7071

Penutup

Begitulah cara install dan konfigurasi mail server dengan perangkat lunak zimbra versi open source pada sistem operasi centos 7, semoga artikel ini bermanfaat untuk pembaca dan penulis sendiri. Terima kasih, Assalamu’alaikum.

Referensi
https://www.zimbra.com/docs
https://wiki.zimbra.com/wiki/
https://id.wikipedia.org/wiki/Fully_qualified_domain_name
http://opensource.telkomspeedy.com/wiki/index.php/Zimbra

 

Rafi Ammar Hussain Penulis

Linux user, Networkers

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *